10 Langkah Memulai Bisnis Ayam Crispy

Sejak merebaknya franchise ayam goreng di indonesia ini semakin membuat para pelaku ukm (usaha kecil mandiri ) hadir sebagai kompetitor.
Salah satu acuannya adalah brand brand ternama yang hampir seluruhnya adalah merek asing yang di kembangkan di indonesia.

Mengapa bisnis ini sangat menggiurkan ? selain karena rasanya yang enak dan bahannya sangat mudah di dapatkan,peminatnya dari anak anak sampai orang dewasa.

Dengan target pasar kalangan bawah maka para wirausaha ini siap bersaing dalam membangun bisnis ayam crispy ini. Dengan banyak kategori mulai dari gerobakan, sampai ruko dengan berbagai  macam keunikannya masing masing.

Lantas apa sih yang bisa kita kerjakan untuk memulai usaha ayam crispy ini ? simak 10 langkah ini ya 

1. Riset 

Sebelum anda membuka usaha ayam crispy baiknya anda meriset dahulu ingin seperti apakah usaha ayam crispy anda? 
pastikan anda harus punya ciri khas sendiri agar orang bisa membedakan usaha anda dengan yang sejenis.

2. Membuat Visi  dan Misi

kebanyakan usaha yang timbul tenggelam di sebabkan tidak punya visi dan misi.
dengan anda menuliskan visi dan misi usaha anda maka anda sudah mengerti tujuan dan arah usaha anda kemana, layaknya kapal yang sedang berlayar dia tau tujuannya dan kemana arahnya melangkah.

3. Mengikuti Training Masak 

Tak di pungkiri jika ingin memiliki usaha yang mumpuni maka harus belajar memasak dahulu, jika memang usaha anda hanya sekitar usaha gerobakan atau usaha rumahan tidak mungkin anda menyewa seorang chef.
Lalu apakah mudah memasak ayam crispy dengan modal yang minim tapi rasa seenak restoran?Anda cukup menggunakan Biang bumbu instan untuk tepung dan ayam marinasi yang simple dan pastinya hasil crispy dan ayam menjadi empuk tanpa perlu di rebus.
dan sudah disiapkan tutorial vidionya untuk anda secara gratis, dijamin anti gagal.
bagaimana bisa mendapatkan biang ini? anda bisa memesannya langsung ke nomor whatsapp berikut ini 081212720398.




4. Membuat Konsep Usaha 

Konsep dalam usaha adalah bagian penting berhasilnya suatu usaha, konsep ini bisa anda tentukan apakah anda akan berjualan dengan konsep gerobak ataukah dengan konsep ruko.
jika untuk usaha gerobakan anda harus bisa mendisaign gerobak sampai mendesaing usaha anda mau seperti apa, mulai dari buka dan tutupnya toko sampai punya SOP (standar operational prosedur ) dalam usaha.

5. Menetukan Tempat Usaha 

Tempat usaha sangatlah berpengaruh pada penjualan selain tempat yang strategis dan bersih serta mencari sewa tempat dengan harga yang murah anda perlu juga perhatikan tempat yang aksesnya mudah di masuki kendaraan. 


6. Memilih Bahan Baku yang Halal dan Baik 

Ini hal yang harus di perhatikan bagi yang ingin usaha ayam  crispy, memilih bahan baku khususnya ayam potong yang halal dalam artian di sembelih dengan membaca asma Allah 'Bismillah Allahu Akbar' pastikan juga jika ingin lebih aman lagi yang ada sertifikat halal MUI nya. jika bahan baku yang kita suguhkan halal dan baik maka ada nilai pertanggung jawaban nya kelak di akhirat.
Bagaimana kalau kita membeli ayam potong di pasar yang kita tidak tau disembelihnya? lebih baik beli ayam hidup dan potong sendiri di rumah jika repot carilah tukang potong ayam yang bisa menyembelih dengan basmallah.
perhatikan  juga bahan bahan lainnya seperti tepung, minyak goreng dan lain lain harus juga yang halal.
Bahan baku Biang di pastikan halal dan sudah berizin resmi.

7. Cara Menentukan Harga Jual

Harga jual bisa menjadi tolak ukur, jika target market anda ada di kalangan menengah ke bawah pastinya mereka kepingin harga murah jadi anda sebagai pengusaha wajib memilih bahan baku dengan harga yang murah misalnya anda membeli bahan bakunya langsung ke suplaier dengan jumlah yang  agak banyak untuk stok sekalian.
Mulailah anda menghitung HPP (harga pokok penjulan ) anda bisa menaikkan hingga 20 sampai 30% keuntungannya.

8.Cara Berpromosi

berjualan tanpa promosi bagai makan sayur tanpa garam, lalu apa yang harus kita lakukan ? pertama adalah bukalah sosial media sebagai alat untuk berpromosi secara gratis, lalu anda juga harus menyebar brosur ke 5 kilometer jarak yang ada pada lokasi tempat anda berjualan, berikan discnt khusus atau buat promosi yang menarik agar pelanggan anda tetap setia. Jangan lupa daftarkan usaha anda pada akun go food agar lebih meluas lagi pasarnya.


9. Membuat Pembukuan yang Baik

Ini yang sering di lupakan para pengusaha yaitu membuat pembukuan yang baik. Tidak usah yang terlalu susah tulis saja pengeluaran dan pemasukan serta setiap bulan tutup buku dan mulailah menghitung laba anda.
ketika tahu berapa omset yang di dapat tiap bulan maka bisa tau kelemahan usaha ini di mana. Disinilah anda bisa mereparasi usaha anda untuk bisa lebih baik lagi.

10. Mencari Mentor Usaha

Layaknya seorang murid yang ingin sukses maka dia akan membutuhkan seorang  mentor. Mentor di sini adalah seorang guru.
anda bisa mencarinya melalui seminar kewirausahaan ataupun anda bisa menjadikan teman atau yang sudah mumpuni ilmu jualannya untuk anda jadikan teman berbagi.
mentor adalah tempat kita mengeluhkan segala usaha yang sedang di jalani saran dan ilmunya sangatlah di butuhkan jika ingin usahanya maju.




Nah para ukmers semoga saran ini bisa menjadikan usaha anda mulai berjalan ya apalagi di musim pandemi begini tetaplah kreatif dan inovatif.

























Komentar

Postingan populer dari blog ini

Salimah Food - Tips usaha frozen food

4 Mindset Berbisnis Ala Emak Emak

Mendulang Rupiah dengan Usaha Rumahan Salimah Food