Rutinitas Membunuh Kreatifitas, Lakukan 5 Hal Ini Jika Kejenuhan Datang Dalam Berbisnis

Hai, Salimah Food Lovers!

Rutinitas menjadi seorang ibu rumah tangga adalah sebuah kodrat ilahi, tapi bukan berarti seorang Ibu tidak bisa menghasilkan rupiah. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk  menghasilkan rupiah, walau hanya dari rumah tanpa harus meninggalkan tugas seorang ibu. Tapi nyatanya banyak yang menyerah di tengah jalan. Mungkin karena capek dan tidak bisa mengatur waktu, atau kurangnya ilmu. 

Bisnis itu beda dengan berjualan, bisnis itu membangun aset. Tidak diketahui dengan pasti berapa waktu yang  diperlukan untuk sukses. Jika baru memulai sekarang, mungkin baru akan menikmati hasilnya beberapa waktu kedepan.
Menjadi seorang pengusaha rumahan merangkap menjadi ibu rumah tangga, memang bukan hal yang mudah, jalan panjang akan dihadapi, kejenuhan pasti akan datang.
Lovers bisa lakukan 5 hal ini jika kejenuhan datang dalam berbisnis.

1. Evaluasi Tujuan Usaha

Ingat kembali apa yang menjadi tujuan Lovers membangun bisnis. Jika hilang dalam ingatan, coba cek kembali buku target yang sudah Ladies tuliskan, lalu cobalah evaluasi apakah ada target yang belum tercapai, atau adakah target yang sulit untuk dicapai tahun ini, buang yang sekiranya menyulitkan dan membuat Lovers lelah atau bisa di taruh untuk target tahun berikutnya, setelah itu baca dan tulis ulang di selembar kertas dan di tempel di meja kerja atau tulis  dipapan yang bisa di gantung  agar menjadi penyemangat.  Jika target itu datang dari hati, maka membuat kita kembali berenergi.

2. Meluangkan Waktu

Di dalam tubuh kita ada jenis hormon yang mengatur perasaan yaitu hormon dopamine. Hormon ini yang membuat kita menjadi bahagia dan termotivasi. Berinteraksi adalah salah satu cara menstimulasi agar hormone tersebut muncul. Luangkanlah waktu dengan keluarga untuk membuat acara makan malam atau pergilah berlibur,  biarkan perasaan lelah melebur jadi kebahagiaan. Saran lainnya adalah mintalah nasihat atau motivasi kepada orang yang sudah lebih dulu sukses.

3. Merubah Pola

Mengulang-ulang suatu kegiatan yang sama selama beberapa waktu adalah salah satu faktor penyebab kejenuhan yang paling utama. Cara mengatasinya adalah merubah pola kerja menjadi sedikit berbeda, misalnya ubah jam kerja, cari tempat yang nyaman untuk kerja seperti di cafe atau tempat wisata, membaca buku buku yang berjenis humor, mencari makanan yang Lovers sukai, atau kalau Lovers memang terlalu jenuh cutilah untuk beberapa hari.

4. Berkomunitas

Berkumpullah dengan komunitas sesama pebisnis. Tidak bisa di pungkiri jika  berada dalam satu kominitas yang positif, maka aura positif akan tertular dan menyebar dalam tubuh dan bisa membakar semangat . Datanglah ke seminar motivasi, organisasi sosial, kajian ilmu agama, atau bisa membaca kisah sukses di buku atau media lainnya. Lingkungan itu pengaruhnya kuat sekali pada pemikiran. Jadi hati-hati dengan tempat menghabiskan waktu, karena itu akan membentuk karakter Ladies.

5. Istigfar

Jika Lovers seorang muslim, maka istigfar adalah suatu meditasi diri kepada Sang Pencipta.  Banyak keutamaan dari istigfar ini salah satunya adalah menenangkan hati dari kejenuhan yang datang dalam berbisnis, mungkin Allah sedang rindu untuk di puja dan dipuji, karena kesibukan sehingga banyak hal-hal ibadah yang tertinggal. Lakukanlah istigfar ini di waktu sepertiga malam karena Allah sangat menyukai ini.

Nah, Lovers itulah tips menghadapi kejenuhan dalam berbisnis. Jangan buru-buru berhenti berbisnis saat jenuh, karena jenuh adalah tantangan yang akan dilewati oleh setiap pebisnis, semangat terus ya,  Salimah Food Lovers.

Komentar

  1. Kadang-kadang kita memang dihadapkan pada titik jenuh ya
    Harus pinter-pinter mensiasati biar gak bosen
    Makasi tipsnya mbak

    BalasHapus
  2. Titik jenuh akan selalu dirasakan dalam kehidupan, begitu juga berbisnis. Istigfar dan ingat tujuan usaha adalah hal penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Lia, terima kasih ya sudah singgah, barakallah semoga bermanfaat 😘

      Hapus
  3. bener mb
    dalam hal apapun
    kalo itu rutin
    kadang jenuhhhh

    butuh alternatif proses dan cara berbeda
    gak cuman di bisnis sih

    olahraga kalo tiap hari sama
    juga bosennnn
    pasti perlu yang namanya VARIASI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii Mbak ina salam kenal, tks anyway sudah mampir 😘

      Hapus
  4. Beberapa waktu ini saya merasa jenuh dengan bisnis yang saya jalani. Saya gak boleh menyalahkan siapapun jika terjadi stagnan atau penurunan omzet. Musti saya sendiri yang melakukan hal-hal seperti yang mba Rina tuliskan itu. Makasih mbaaaaa, bikin aku semangat berbisnis lagiiii :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii... Mbak Wiwin salam kenal,alhamdullilah semoga bermanfaat dan bisnisnya bisa jalan terus ya,semangat kaka 😘

      Hapus
  5. Poin teraakhir benar banget, mbak. Saya juga menerapkan itu. Namun sayang. mulai tahun 2019 ini saya berhenti berbisnis karena suami gak ridho. Ada hal lain yang lebih membutuhkan fokus saya dan suami lebih ridho kesitu. Alhamdulillah, tetap semangat dan salam sukses untuk salimah food lovers semua..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii... Mbak Qoty salam kenal ya.
      Betul mbak ridho suami adalah ridho allah, insya allah hidup mbak akan lebih berkah.

      Hapus
  6. Semoga nanti kalau sudah bisa bisnis sendiri bakalan mempraktekkan tips ini. Doakan ya mba semoga segera bisa mewujudkan bisnis dan melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk sesama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii.. Mbak uniek salam kenal ya.

      Semangatt ya mbak 😘

      Hapus
  7. Manusiawi sih yang namanya jenuh itu, dan merehatkan diri sejenak dari rutinitas itu harus. Agar kita bisa refreshed dan siap bekerja lagi, thanks tipnya ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii... Wahh.. Ada mbak bety 😍
      Salam kenal yoo mbak, tks anyway sudah mampir 😘

      Hapus
  8. Kejenuhan memang kerap datang kapan saja, tak mengenal waktu. terima kasih sudah memberi solusi apa saja yang dapat dikerjakan ketika jenuh datang menghampiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii.. Mbak haeriyah salam kenal ya mbak.
      Semangat ya mbak 😇

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Salimah Food - Tips usaha frozen food

4 Mindset Berbisnis Ala Emak Emak

10 Alasan Perempuan Harus Berbisnis