7P Dalam Memulai Berbisnis yang Bikin Laris Manis



Halo, Salimah Food Lovers

Memulai bisnis itu memang mudah, tapi mempertahankannya butuh ilmu dan juga konsisten. Banyak hal yang perlu di ketahui bahwa ada banyak langkah-langkah yang perlu Lovers tahu jika ingin usahanya terus tumbuh. Tidak perlu yang terlalu sulit ataupun berskala internasional. Karena kelas kita masih usaha rumahan atau sekelas  UMKM. Walaupun begitu tetap harus bisa profesional.

Ngomongin masalah profesional, kualitas produk, kuantitas, dan banyak hal lainnya perlu di pertimbangankan secara matang dan bukan asal-asalan saja. Seorang professional bahkan perlu terus belajar untuk tetap survive dan bisa bertumbuh, bagaimana dengan kita ?
Saya akan bahas 7P dalam memulai bisnis yang bikin laris manis :

P1.Pilih Bisnis

Memilih bisnis sama kayak memilih jodoh susah susah gampang, karena perlu kecocokan dalam hati agar bisa menjalaninya dengan hati ikhlas dan lapang. Carilah produk atau bisnis yang banyak di cari orang atau marketnya luas agar lebih mudah menjualnya seperti kuliner, fashion. Pastikan juga sesuai dengan passion lovers ya. Jika perlu Lovers harus juga teliti dengan produk yang akan di jual atau di produksi. Misalnya apa kelebihan produk tersebut, dan harus tahu juga apa kekurangan produk tersebut sehingga Lovers tau apa yang harus di tonjolkan dan apa yang tidak perlu di tonjolkan.

P2.Pilih Target Market

Memilih target market tidak kalah pentingnya dengan memilih bisnis. Satu produk memang punya targetnya masing masing, contoh produk frozen food salimah food punya target marketnya seperti ibu rumah tangga, yang suka dengan ikan,suka dengan frozen food, ibu rumah tangga yang sibuk sehingga perlu makanan instan yang sehat. Yang tidak suka dengan pengawet. Kalau saya kategorikan seperti ini :
1.Kenali target market dengan spesifikasi ini
- Umur
-Jenis kelamin
-Mereka berkumpul dimana
-Kesukaan
2.Pilih  demografi yang sesuai
-lokasi
-usia
 -pendapatan
-tingkat sosial
-gender
-status
-pekerjaan
-agama
-etnis
Nah silahkan Lovers kategorikan sendiri

3P. Pilih Media Promosi dan Cara Promosi

Banyak media social yang sudah gratis jadi Lovers hanya perlu kreatif dalam memilih social media sebagai  media promosi, dan setiap social media punya ciri khasnya masing masing. Contoh nya facebook perlu copywriting foto dan video untuk berpromosi, Instagram lebih ke foto dan hastag serta video, whats up lebih bagus ke story jadi bisa buat story teliing dan broadcast atau membuat grup promosi yang menjual. Pilihlah salah satu yang nyaman buat Lovers untuk berpromosi.

4P. Pilih Networking

Networking  adalah jaringan. Tanpa jaringan pemasran akan terasa sulit ,networking ini maksudnya membangun pertemanan,membangun koneksi, atau komunikasi dengan banyak orang.contohnya bergabung di berbagai komunitas.

5P.Pilih Tim

Bisnis membesar tidak bisa sendirian. Kita membutuhkan tim. Lovers bisa membagi 2 tim yaitu tim pemasaran seperti agen, reseller, dan tim dalam. Tim dalam ini seperti asisten atau manageman,custumer servise. Jika memang belum bisa merekrut tim dalam dan masih ingin bekerja sendirian Lovers bisa menggunakan system supaya lebih terarur.

6P. Pilih Mentor Bisnis

Mentor tidak kalah pentingnya dalam berbisnis, mentor ini yang akan mengevaluasi kerja kita bahkan bisa di jadikan teman curhat ketika menghadapi kendala dalam berbisnis. Mencari mentor bisa melalui kelas kelas bisnis atau seminar dengan begitu ada wadah untuk kita menuangkan segala ide.

7P. Pilih Waktu Produktif Bisnis

Ini nih yang paling penting sebagai mamak-mamak yang merangkap pebisnis rumahan perlu punya manageman waktu yang baik agar semua aktifitas bisa di jalankan dengan baik. Buatlah skala prioritas dalam keadaan apapun dan jalankan dengan konsisten. Penjelasannya manageman waktu ini bisa di lihat di blog ini dengan judul bisnis terurus dengan manageman waktu yang bagus.

Memulai bisnis yang laris manis tentu harapan semua orang namun banyak orang yang tidak sabar dalam berproses, jalani dan nikmati prosesnya dengan ikhlas.

Apakah Salimah Food Lovers sudah siap membuka usaha rumahan ?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Salimah Food - Tips usaha frozen food

4 Mindset Berbisnis Ala Emak Emak

10 Alasan Perempuan Harus Berbisnis