Membidik Pasar Frozeen Food Melalui Online

Frozen food adalah makanan yang di bekukan hanya dengan freezer. Seperti yang kita ketahui, makanan beku ini bertujuan untuk mempermudah orang-orang mendapatkan makanan,cukup dihangatkan langsung bisa dimakan.

Kenapa orang-orang memilih frozen food sebagai kudapan atau makanan pendamping? Karena frozen food praktis sehingga menjadi primadona tersendiri bukan hanya bagi konsumen,melainkan juga menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Inilah delapan cara memulai usaha frozen food.

1. Tentukan Produk yang Akan Dijual.

Jika Salimah Food Lovers seorang produsen, sebaiknya menentukan jenis frozen food yang akan di jual nanti. Lebih spesifik akan semakin lebih baik, misalnya frozen food yang berjenis Chinese food, Japanese food atau Indonesian food.

Jika Salimah Food Lovers adalah seorang penjual produk frozen food, sebaiknya pilihlah jenis produk yang lebih mudah dijual.

2. Modal

Jika sudah menentukan produk frozen food apa yang akan diproduksi atau dijual sekarang segera memikirkan cara mendapatkan modal. Jika berupa usaha UKM, bisa mengajukan kredit kepada bank konvensional yang menyediakan kredit usaha rakyat seperti BRI atau Mitra Usaha Mandiri.
Namun jika Salimah Food Lovers belum mampu berhutang,gampang kok gunakanlah sistem pre order.

Pre Order (PO) adalah sistem pembelian barang membayar terlebih dahulu di awal dengan waktu tunggu (estimasi/perkiraan) kedatangan barang. Selain itu, bisa juga dengan cara meminjam uang pada saudara atau teman dengan syarat harus di kembalikan.

3. Pilih Peralatan

Bisnis frozen food itu sederhana namun, jangan menyepelekan modalnya. Salah satunya usaha ini  membutuhkan freezer sebagai tempat penyimpanan barang. Jadi, sediakan dahulu freezer sebagai aset usaha frozen food sebelum memulai usaha ini.

4. Metode Pemasaran

Langkah selanjutnya, pikirkanlah metode pemasaran. Jika memutuskan untuk menjualnya secara online, pastikan Salimah Food Lovers bisa menggunakan sosial media tersebut .

Tidak perlu membayar, cukup dengan memanfaatkan fasilitas gratis Ladies sudah bisa berjualan di Facebook ,Instagram,whatsApp atau YouTube,atau blog pribadi.

Caranya upload foto dan deskripsikan produk secara rutin dengan berbagai macam tema.

5. Go Online

Jika Salimah Food Lovers memilih sosial media sebagai media berjualan cobalah kenali sosial media secara lebih baik misalnya facebook,aplikasi ini sangat mudah di jalankan cukup menambah pertemanan dengan target market yang pas.

Cara berjualannya adalah dengan mengunggah foto atau video. Deskripsikan dengan baik agar pembaca mengenali produk dan lakukanlah secara rutin tiap hari.

Begitu juga dengan Instagram, aplikasi ini lebih banyak menampilkan foto dan video produk. Buatlah semenarik mungkin supaya folowers tahu lebih banyak tentang produk Salimah Food Lovers. Jangan lupa, gunakan tagar atau hastag agar di jangkau lebih banyak orang.

Media WhatsApp juga bisa di jadikan tempat promosi karena di sini sudah ada fitur status. Selain itu, aplikasi ini juga sebagai tempat menyimpan data base sehingga closing menjadi lebih mudah.

6. Membuat Sistem

Sistem Seperti apakah untuk usaha frozen food ini? Jika Salimah Food Lovers seorang produsen, gunakanlah sistem untuk  mencari distributor, agen, reseller.

Tipsnya adalah buatlah sistem dengan minimal pembelian dan diskon.
Misalnya distributor harus membeli 500 pack dengan diskon 25%, agen harus membeli 100 pack diskon 20%, reseller minimal pembelian 20 pack atau 10 pack diskon 10%.

7. Waralaba Bisnis Frozen Food

Bisnis waralaba frozen food adalah bentuk dari pengembangan usaha atau bisa dibilang menduplikat usaha. Dari usaha frozen food bisa mengembangkannya menjadi usaha kuliner yang bisa di jual olahan sebagai bentuk waralaba. Misalnya frozen food seperti dimsum, bisa dibuatkan sistem waralaba dengan menyediakan booth portable atau gerobak dorong. Selain itu bisa juga berbentuk mini cafe.

Mereka cukup menjual produk dan Smart Ladies yang akan menyuplai dengan sistem yang sudah dibuat. Jangan lupa, berikan mereka pembinaan agar waralabanya bertumbuh.

8. Nilai tambah

Berikanlah nilai tambah kepada produk supaya pembeli lebih mengenali produk Smart Ladies dibanding dengan produk yang beredar di pasaran. Inilah yang akan menjadi ciri khas seperti produk frozen food tanpa MSG atau pengawet.

Delapan tips ini bisa Salimah Food Lovers jalankan secara konsisten dan terarah agar  usaha frozen foodnya bisa sukses.
Nah apakah Salimah Food Lovers sudah siap dengan usaha ini?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Salimah Food - Tips usaha frozen food

4 Mindset Berbisnis Ala Emak Emak

10 Alasan Perempuan Harus Berbisnis