Bisnis Terurus Karena Manageman Waktu yang Bagus, Ini 5 tipsnya


Halo, Salimah Food Lovers!

Manageman waktu menurut Davidson memanfaatkan waktu dengan baik dimana seseorang mampu menyelesaikan sesuatu dengan lebih cepat dan bekerja lebih cerdas.

Waktu adalah nikmat Allah yang harus kita syukuri, seperti yang sudah tertulis dalam al-qur'an surat Al- Ashr ayat 1-3 "Demi masa sungguh , manusia berada dalam kerugian kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.

Sebagai seorang Ibu rumah tangga yang  juga merangkap sebagai pengusaha rumahan, pasti sangat membutuhkan pengaturan waktu. Dengan kegiatan yang banyak itu kita perlu menyusunnya dengan baik agar semua pekerjaan rumah tangga, kantor, ibadah, atau urusan usaha bisa terkendali.
manageman waktu ini sangatlah penting agar bisnis dengan target yang sudah di tentukan akan bisa tercapai.

Sebelum menyusun waktu baiknya kita buat dahulu list pekerjaan, pisahkan antara kegiatan rumah, kantor, usaha dan ibadah. agar lebih mudah memisahkan yang penting dan kurang penting.  Catatlah kegiatan tersebut dalam selembar kertas. setelah itu masukkan ke dalam satu jadwal harian dan susunlah dengan waktu yang sudah di tentukan.

Salimah Food Lovers bisa mencoba 5 tips ini untuk menyusun jadwal harian 


1. Buatlah list Untuk  Pekerjaan Rumah 


Tugas utama seorang ibu rumah tangga adalah mengurus keluarga, maka dahulukan  kegiatan di rumah, mulailah dari bangun tidur, mengurus dapur seperti masak, mencuci, menggosok pakaian, mengurus anak dan suami untuk sekolah dan kekantor, belanja kebutuhan pokok, membersihkan rumah dan lain-lain.
contoh :
-bangun tidur (bangunin anak dan suami)  03.00 WIB
- solat tahajud 03.15 WIB
-baca qur'an dan zikir 03.30 WIB
- solat subuh 04.00 WIB
-masuk dapur,masak 04.15 WIB
-menyiapkan sarapan dan kebutuhan anak dan suami 05.00


2. Buatlah List Untuk Pekerjaan Kantor

Jika Salimah Food Lovers adalah seorang pekerja kantoran juga maka buatlah jadwal pekerjaan kantor. misalnya : 
- berangkat ke kantor 06.00
- solat duha 06.30
- masuk kantor 07.00
- mengerjakan tugas kantor 07.15
-Isoma (istirahat,solat dan makan)12.00
ada waktu kosong gunakanlah untuk promosi di sosial media.


3.Buatlah List Harian Bisnis

kegiatan bisnis ini adalah kegiatan yang biasa di lakukan sebagai sampingan jadi usahakan walau waktunya sedikit tetap harus maksimal mengerjakannya. Mungkin waktu yang tersisa sedikit tapi dengan menyusunnya dengan baik maka pasti akan bisa di kerjakan. Terutama promosi.
siapkan materi promosinya yang sudah di buat semalam, jadi bisa langsung di share ke sosial media.
contoh  kegiatan bisnis:
-promosi di sosial media
-rekap orderan
-jawab pertanyaan yang masuk
-follow up
-pencatatan keuangan bisnis
-komunikasi dengan mitra usaha dan suplier
-pengiriman barang

4. Buatlah Tabel  Skala Prioritas. 

Setelah selesai dengan daftar kegiatan sekarang waktunya meyusun di dalam tabel atau catat dalam sebuah kertas lalu susunlah kegiatan tersebut. Pilihlah yang mana skala prioritas,  pekerjaan apa saja yang harus di selesaikan lebih dulu seberapa penting dan kapan harus di selesaikan. Hingga pekerjaan yang agak luang waktunya. Setelah tersusun rapih jangan lupa untuk di gantung atau di tempel di tempat yang mudah terlihat.


5. Konsisten dan Disiplin

Jika sudah membuat daftar tugas sekarang waktunya untuk fokus dan konsisten menjalankan.
Sesuai dengan manfaatnya bertujuan menyelesaikan target sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan, sehingga tidak menunda-nunda pekerjaan. Dengan Konsisten dan disiplin inilah kunci utama suksesnya manageman waktu.

Pengusaha yang sukses adalah yang bisa mengatur waktunya dengan baik, buatlah waktu anda sangat berharga untuk kemajuan bisnis. Jika ada waktu senggang  maka buatlah rencana bisnis jangka panjang atau bisa membuat target yang belum tercapai. Bagi pengusaha waktu adalah uang dan uang adalah waktu. Selamat menyusun tugas dan semoga sukses.

Untuk info papan manageman waktu bisa WA saya di 081212720398.
Di bantu untuk cara pengisiannya.








Komentar

  1. Subhanallah sangat baik cara menyusun waktunya
    In syaa Allah saya akan belajar
    Menggunakan waktu dengan baik terima kasih buat
    Salimah food
    Salam sukses selalu Aamiin

    BalasHapus
  2. Subhanallah sangat baik cara menyusun waktunya
    In syaa Allah saya akan belajar
    Menggunakan waktu dengan baik terima kasih buat
    Salimah food
    Salam sukses selalu Aamiin

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Salimah Food - Tips usaha frozen food

4 Mindset Berbisnis Ala Emak Emak

10 Alasan Perempuan Harus Berbisnis