6 Tips Memilih Jenis Usaha Bagi Pemula


Bagi sebagian orang memiliki usaha adalah suatu impian tapi terkadang kesulitan untuk memulai usaha tersebut karena tidak tahu mau usaha apa.
Lalu bagaimana sih menentukan usaha yang cocok bagi pemula supaya usaha kita benar-benar sesuai dengan apa yang kita inginkan.
Inilah 6 tipsnya

1. Memilih usaha yang sesuai dengan keahlian dan hobi anda.

Coba tanyakan pada diri Anda sendiri apa hobi anda dan apa keahlian anda. Apakah anda suka memasak suka dengan fashion, suka dengan menulis, suka dengan hewan peliharaan, atau suka dengan properti. Nah dari sinilah bisa tahu mau usaha apa. Hobi belum tentu ahli Jadi hobi kemungkinan belum tentu membuat anda menjadi seorang ahli maka pastikan keahlian anda lah yang akan bisa menentukan usaha yang akan anda mulai.

2. Buatlah daftar bidang usaha

Anda sudah menemukan apa keahlian anda jangan buru-buru membuka usaha tersebut ada baiknya anda membuat beberapa list bidang usaha yang akan nanti anda pilih.
Anda bisa mencatatnya dan riset lah beberapa bidang usaha yang sesuai dengan minat dan keahlian atau hobi anda.
Cerilah usaha yang bisa bertahan lama dan mudah mengembangkannya. Dan carilah usaha yang belum banyak didirikan orang lain jika usaha yang Anda pilih adalah usaha yang banyak diminati banyak orang maka lakukanlah inovasi untuk bisa membedakan anda dengan pesaing.

3. Pelajarilah bidang usaha yang sudah anda pilih

Ketika anda sudah menentukan usaha yang akan anda mulai sekarang waktunya anda mempelajari usaha yang akan anda jalani misalnya produk Apa yang akan Anda pilih dengan target market seperti apa dan bagaimana cara menjualnya.

4. Sesuaikan modal yang anda miliki.

Untuk urusan modal anda harus betul-betul memperhatikan Jangan memaksakan membuka usaha yang besar tetapi kemampuan modalnya tidak mencukupi.

Sebagai contoh, jika anda ingin membuka usaha frozen food dengan menggunakan frezer yang ada di rumah.Anda cukup memulainya dengan modal 250.000 atau 500.000 anda sudah bisa membuka usaha frozen food di rumah.

5. Memilih lokasi dan minat serta kebutuhan konsumen

Untuk usaha konvensional memang sangat dibutuhkan lokasi yang strategis tapi apabila anda ingin menjualnya secara online anda cukup membuka situs sosial media gratis dan langsung anda bisa jualan.
Lalu pelajarilah yang ada di sekeliling anda yaitu seperti target market produk yang Anda jual. Jangan sampai salah pastikan produk Anda sesuai dengan target market dari produk tersebut Carilah mereka di mana mereka berada.

6. Mulailah beraksi

Setelah poin-poin diatas anda sudah mendapatkannya pastinya anda sudah bisa menentukan jenis usaha yang akan Anda mulai dan pastikan lebih dahulu meminta ridho kepada orang di sekeliling anda serta jika masih bimbang cobalah shalat istikharah sebelum memulai usaha agar apa yang dijalankan menjadi ringan dan mudah.
Tambahkanlah ilmu agar usaha anda maju.

Itulah beberapa tips memulai usaha bagi pemula semoga anda menemukan usaha yang tepat dan semoga Anda sukses.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Salimah Food - Tips usaha frozen food

4 Mindset Berbisnis Ala Emak Emak

Mendulang Rupiah dengan Usaha Rumahan Salimah Food